Welcome On The "Unity of National Revival's Blog". Here, We Can Remember Our Revival Of Country !!!

Minggu, 24 Oktober 2010

Kebenaran Makna Dari Kebangkitan Nasional



Boedi Oetomo merupakan perkumpulan kaum muda yang cerdas dan peduli terhadap nasib Bangsa Indonesia, yang di anggotai oleh Dr. Soetomo, Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Goenawan dan Suryadi Suryadiningrat (Ki Hajar Dewantara).


Semangat Kebangkitan Nasional muncul ketika Bangsa Indonesia mencapai tingkat perlawanannya yang tidak dapat dibendung lagi, untuk menghadapi kekuasaan kolonial Belanda yang tidak manusiawi dan tidak adil. Penegasan tekad bangsa untuk bebas dan merdeka dari belenggu Kolonialisme dan Imperialisme.
Perjuangan yang panjang itu, akhirnya mencapai puncaknya pada kemerdekaan bangsa, yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Bapak Ir.Soekarno. Negara kita seperti ditegaskan oleh para pendirinya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ditegakkan berdasarkan prinsip Negara Hukum.

Karena itu, NKRI pada dasarnya mengelola kekuasaan berdasarkan Hukum, bukan berdasarkan Kekuasaan. Dalam proses Politik, kita-pun pernah terjebak dalam suatu periode dimana kekuasaan ditegakkan berdasarkan Kekuasaan, bukan berdasarkan Hukum. Kekuasaan adalah hukum itu sendiri. Maka akibatnya kekuasaan cenderung Otoriter, Sentralistik dan Represif.

9 Tahun silam juga, pada saat reformasi dan jatuhnya kekuasaan mantan Presiden Bapak Soeharto menjelang hari Kebangkitan Nasional. Sungguh momentum yang tepat untuk melakukan perebutan terutama di bidang hukum , setelah 9 tahun kita reformasi apa yang kita dapatkan ?????.

Jujur saya Jawab. Kemelaratan, Kesusahan , KKN bertambah parah di zaman ini karena kebanyakan mengambil kesempatan dalam kesempitan alias mumpung jadi pejabat, lowongan kerja juga sulit minimal cari kerja yang layak tamatan D3 tetapi jadi anggota dewan minimal SMU , sungguh ironis memang .
Jika begitu, apa makna Hari Kebangkitan Nasional?

Jangan samakan Kebangkitan Nasional sekarang dengan zaman dahulu karena sangatlah berbeda. Dulu kita masih dijajah dan tujuannya adalah Mempersatukan Kekuatan khususnya kaum muda tetapi sekarang hanya untuk membangkitkan generasi yang bapak-bapak atau ibu-ibu nya yang sedang berkuasa sekarang.

Sebenarnya makna dari Hari Kebangkitan Nasional bukan terletak pada Perayaannya, Tetapi cenderung terletak pada bagaimana niat para pemimpin kita untuk membangkitkan Indonesia ke arah yang Lebih Baik.

Sumber : Wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar